LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) PELAKSANAAN PROGRAM PISA TAHUNAN SMP NEGERI 1 SLEMAN

LAPORAN MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) PELAKSANAAN PROGRAM PISA TAHUNAN SMP NEGERI 1 SLEMAN

A.  Pendahuluan

PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak) adalah wadah kegiatan kokurikuler yang bertujuan untuk membentuk karakter, meningkatkan literasi, dan membangun kesadaran siswa terhadap isu-isu sosial dan hak anak. Selama satu tahun, telah dilaksanakan berbagai kegiatan berbasis minat dan kebutuhan anak, yang sekaligus menjadi upaya pencegahan terhadap kekerasan di lingkungan sekolah.

B. Tujuan Monev

1. Menilai efektivitas pelaksanaan program PISA.

2. Mengetahui tingkat keterlibatan dan dampak terhadap siswa.

3. Mengidentifikasi kendala dan merumuskan perbaikan program ke depan.

C. Metode Pelaksanaan Monev

1. Observasi langsung kegiatan.

2. Angket/kuisioner kepada siswa.

3. Wawancara guru pendamping.

4. Dokumentasi kegiatan.

5. Analisis kuantitatif dan kualitatif umpan balik.

D. Hasil Monev PISA
No Program Kerja Indikator Keberhasilan Hasil Capaian Kesimpulan
1 Pojok Baca Jumlah pengunjung meningkat ≥ 15% dari tahun sebelumnya, frekuensi peminjaman bertambah Pengunjung meningkat 20%, peminjaman naik 18% Terlaksana dengan baik
2 Pojok Curhat Layanan digunakan minimal 50 siswa, masalah ditindaklanjuti 62 siswa memanfaatkan layanan, semua kasus ditangani Terlaksana dengan baik
3 Perpustakaan Digital Akses meningkat ≥ 25%, kepuasan pengguna minimal 85% Akses naik 28%, kepuasan 90% Terlaksana dengan baik
4 Buku Saku Informasi Hak Anak 100% siswa menerima buku, pemahaman ≥ 80% Semua siswa menerima buku, rata-rata nilai kuis 85% Terlaksana dengan baik
5 Sosialisasi Budaya Anti Perundungan & Narkoba Kehadiran 100% target, skor post-test naik minimal 15% Kehadiran 100%, skor naik 17% Terlaksana dengan baik
6 Podcast Sekolah Produksi ≥ 10 episode/tahun, pendengar meningkat 12 episode diproduksi, pendengar naik 30% Terlaksana dengan baik
7 Pameran Gelar Karya Partisipasi minimal 80% siswa, apresiasi positif ≥ 90% 85% siswa berpartisipasi, apresiasi 95% Terlaksana dengan baik
8 Edukasi Gadget Sehat Pemahaman ≥ 80%, perilaku positif meningkat Pemahaman 87%, perilaku sehat meningkat Terlaksana dengan baik
9 Temu Anak Inspiratif Kehadiran 100% target, motivasi siswa meningkat Kehadiran penuh, motivasi naik berdasarkan survei Terlaksana dengan baik
10 Aku Reporter Sekolah Minimal 15 berita dipublikasikan, keterampilan meningkat 18 berita terbit, keterampilan jurnalistik meningkat Terlaksana dengan baik
E. Analisis Umum
1. Keterlibatan Siswa:

a. Rata-rata partisipasi siswa meningkat, terutama pada program kreatif seperti podcast, pojok baca, dan reporter sekolah.

b. Program seperti pojok curhat dan gadget sehat lebih banyak diminati siswa kelas 8–9.

2. Dampak Positif:

a. Meningkatkan kebiasaan membaca (pojok baca).

b. Menumbuhkan empati dan keberanian berbicara (pojok curhat, podcast

c. Memperluas wawasan dan minat literasi digital (perpus digital, reporter sekolah).

 

3. Masukan dan Evaluasi:

a. Pojok Baca: Perlu perbaikan ruang, penambahan koleksi dan dekorasi (hasil survei siswa).

b. Reporter Sekolah: Perlu diberi tema dan variasi kegiatan agar lebih menarik (hasil grafik).

c. Podcast: Perlu bimbingan teknis untuk peningkatan kualitas isi dan suara.

d. Pojok Curhat: Perlu konselor yang lebih aktif dan waktu fleksibel.

e. Temu Anak: Sangat berdampak, disarankan menjadi agenda rutin per semester.

F. Kendala

1. Terbatasnya dana untuk pembelian perlengkapan dan buku.

2. Kurangnya pelatihan teknis untuk siswa pada program digital (podcast, reporter).

3. Jadwal kegiatan sering bertabrakan dengan kegiatan akademik.

G. Rekomendasi

1. Mengajukan dukungan dana BOS untuk program literasi PISA.

2. Menyusun jadwal blok khusus program PISA agar tidak bentrok dengan KBM.

3. Meningkatkan sinergi antara guru pendamping, perpustakaan, dan wali kelas.

4. Mengembangkan pelatihan rutin untuk siswa (reporter, podcast, menulis kreatif).

H. Penutup

Secara umum, program PISA memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter, literasi, dan kesadaran sosial siswa. Kegiatan ini layak untuk terus dikembangkan dengan dukungan penuh dari seluruh elemen sekolah.

Laporan Monev PISA SMP Negeri 1 Sleman
Laporan_Monev_PISA

Tinggalkan Balasan